Tuesday, March 1, 2011

Hal yang Besar dari Yang Kecil-Kecil

Aku terdiam saat kuterima pengembalian dari kubeli sesuatu di suatu super market. Pak kembalian kurang dua ratus pakai permen saja ya....
Kuterima 2 biji permen buat pengganti uang 100 perak.Benarkah harga sebiji permen Rp 50,-. Ah, pikiranku jadi melayang. Mungkinkah Super market sebesar Hypermart diperoleh laba dari permen-permen ini atau Alfa Mart, Indo Mart, Carrefour, Sarinah, dll. Atau malahan JC Penney atau Harrod !
Tapi memang benar bahwa nilai satu juta, satu milyar atau satu triliun tidak akan bernilai segitu kalau kurang 100 perak, iya kan.
Mungkin memang benar sesuatu yang besar memang asalnya dari hal-hal yang kecil.


Nah aku mau coba mereka-reka apa sih hal-hal kecil ( menurut pribadiku lho ) yang sudah kulakukan buat orang lain ( buat isteriku, anak-anakku, teman-temanku, ibu-bapakku, saudara-saudaraku )
Moga aja yg kecil-kecilku ini akan membuatku jadi "orang besar".
Tapi mudah-mudahan ini bukan takabur, membangga-banggakan diri atau apalah ini hanya sekedar melampiaskan hasrat menulisku. Itu saja titik. Ojo ditambahi lan dikurangi, yo.
1. Setiap di jalan raya, di manapun aku selalu memberi kesempatan mobil lain untuk lewat. ( ini kulakukan mungkin orang itu baru butuh waktu utk cepet sampai, dia ada perlu )
2. Setiap kembalian receh yang ada dikantongku pasti kumasukkan ke celengan anak-anakku ( biar anak-anakku membiasakan menabung sejak kecil, dia akan kaget lho kok celenganku udah berat? )
3. Setiap kena marah, aku akan diam ( karena aku berpikir nah ini kesempatan untuk belajar sabar dan menjaga emosi, apalagi dari atasanku lha dia digaji kan memang untuk marah? he.he. )
4. Setiap melihat polah tingkah anak-anakku, apa pun. Aku akan tetap senyum ( biar aku ingat tingkah kecilku dulu, siapa tahu nurun, iya nggak ? )
5. Setiap ada kekurangan dari orang lain aku coba mengingatkan yang kutahu ( siapa tahu bermanfaat buat orang itu dan menyempurnakan )
6. Setiap ada uneg-uneg selalu kulempar ( apalagi ada fasilitas blog ini, wah terbayar deh yg jadi utang-utangku selama ini yes..yess.yesss )
7. Setiap memberi mencoba utk melupakan ( nggak tahu aku pengin begitu, biar orang tidak ada utang budi kepadaku hiks...hiks..hiks )
8. Setiap kebaikan dari siapa pun yang kuterima kucoba untuk kuingat-ingat ( maksudku karena kutahu bahwa setiap orang berbuat baik kepadaku aku akan berusaha untuk membalas kebaikannya lebih kadarnya dari kebaikan yang telah kuterima ).


Nah itulah 8 hal yang ingin selalu kulakukan ( bukan 7 habits lho tapi 8 habits, karena kata orang angka 10 untuk Allah, dan angka 9 untuk para Malaikat dan Nabi ).

No comments:

Post a Comment