Saturday, November 5, 2011

Makna Qurban dalam kehidupan kita ....

Qurban memiliki 2 makna yaitu makna ritual atau agama dan makna simbolik.
Qurban sebagai makna ritual karena hukumnya sunnah bahkan mendekati wajib. Karena demikian Rasul bersabda bahwa Barang siap yang mampu ber-Qurban tetapi dia tidak mau ber-Qurban maka jangan dekati tempat sholat-ku.
Artinya sebaik-baik orang menjalankan sholat dengan benar adalah dia yang melaksanakan Qurban. Inilah yang membuat negeri ini kumpulan sarang koruptor, padahal hampir 80% penduduk Indonesia adalah muslim atau memeluk Islam sebagai agama-nya. Yang berarti bahwa di Indonesia selama 5 kali dalam sehari minimal ada 192 jt penduduk yang menjalankan sholat. Namun karena yang menjalankan sholat dan dia berkurban masih jauh lebih sedikit dari orang-orang yang di permukaannya sholat tetapi ternyata dia tidak mau ber-qurban padahal dia sendiri orang yang mampu.
Inilah jadinya kalau makna qurban dimaknai lain.
Ada 140 pejabat kepala daerah yang tersangkut masalah korupsi uang rakyat. Yang nota bene mereka itu pun sebagian besar adalah muslim. Ini artinya sholat yang dia jalani belum benar hanya sebatas ritual semata atau malahan sebatas "kebiasaan".
Makna simbolik dari Qurban adalah :
1. Solideritas
Sebagai orang yang mampu bagaimana kita ikut merasakan penderitaan kaum fakir miskin, orang yang serba kekurangan.

2. Sensitivitas sosial / Kepekaan Sosial
Sebagai orang yang kaya bagaimana kita melihat kehidupan di sekitar kita, lingkungan kita, tetangga yang membutuhkan uluran tangan kita, bagaimana kita melihat dan ikut menyantuni anak yatim ( dia sekolah sampai perguruan tinggi dan jaminan dapat bekerja di tempat yang benar )

No comments:

Post a Comment