Saturday, November 5, 2011

tiga figur sebagai contoh keluarga madani ..........................................

Dari riwayat 14 abad yang lalu dan sampai saat ini pun masih bisa dijadikan teladan atau figur buat keluarga kita, guna mencapai keluarga yang madani, islami dan barokah.
Adapun ketiga figur itu akan kita dapatkan pada diri Nabi Ibrahim sebagai seorang bapak, Nabi Ismail sebagai seorang anak dan Siti Hajar sebagai seorang Ibu.
Ya, riwayat 14 abad yang lampau itulah menunjukkan figur ketiganya pantas kita jadikan teladan di kehidupan setiap keluarga Islami.
Bagaimana ketauhidan mereka bertiga dengan keyakinan yang dari hari ke hari semakin mantap, bahwa Tiada Tuhan Selain Allah... La illa ha Illaha
Di riwayatkan bagaimana kisah Nabi Ibrahim yang bertahun - tahun tidak di karunia Allah, begitu mendapatkan harta yang paling disayanginya yaitu Ismail anaknya Allah pun meminta Nya kembali. Dan dengan ikhlas, ridho, tawaduk Nabi Ibrahim pun rela mengorbankan Ismail guna memenuhi perintah Allah.
Dan Ismail adalah sebaik-baik contoh seorang anak yang tidak saja berakhlak mulia, berbakti kepada kedua orang tuanya namun juga berkeyakinan bahwa yang terbaik dari Allah pasti lah yang terbaiuk pula buat manusia.
Kisah Siti Hajar sebagai seorang ibu dan isteri yang ditinggal suami harus memberi makan dan minum sang anak di tengah padang pasir yang tandus. Dengan keikhlasannya dia harus berlari - lari dari Safa ke Marwa sampai sebanyak tujuh kali guna mencarikan air buat anaknya. Akhirnya ditemukan lah zam-zam ( kumpul... kumpul...)
Inilah cikal bakal ritual haji, dari mulai melempar Jumrah ... batu kecil ke batu besar sebagai perlambang bahwa iblis laknatullah memang-memang benar-benar musuh utama manusia sampai dengan lari-lari kecil dari Shafa ke Marwa sebanyak tujuh kali dan berakhir di wukuf padang Arafah dengan penyembelihan hewan Qurban.
Ya Allah... jadikanlah aku seorang bapak seperti Nabi Ibrahim kepada Ismail dan Siti Hajar,
Ya Rabb jadikanlah isteri ku yang soleha seperti Siti Hajar kepada Ibrahim sang suami dan Ismail sang anak.
Ya Tuhanku jadikanlah anak-anakku seperti ismail kepada bapaknya Ibrahim dan ibunya Siti Hajar.
Hanya kepada Mulah aku memohon dan hanya kepada Mu lah aku meminta.
Kabulkanlah doaku ya Allah, Rabb.
Rabbana Aatina Fidunya hasanah wafil akhirati hasanah waqina andzabanaar.....
Amin ... amin .... amin ya Rabbil Alamin..

No comments:

Post a Comment