Sunday, August 14, 2011

Bulan Penuh Rahmah....... Marhaban ya Ramadhan


Hai orang-orang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa, seperti halnya orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa ( Terjemahan surat Al Baqarah ayat 183 ), senantiasa terngiang-ngiang di telinga ini. Telinga setiap orang mukmin. Karena apa ? Tidak ada yang tahu apakah Ramadhan tahun depan kita masih dapat menikmatinya. Bayangin teman, rekan, saudara, karib yang tahun kemarin masih bercanda, bersilahturahmi dengan kita, saling tegur sapa, saling tawa riang. Ternyata tahun ini dia sudah tidak bersama kita lagi.


Ada banyak hikmah bulan Ramadhan buat kita semua. Bulan yang di-rahmati Allah, bulan yang ditunggu-tunggu kaum muslim se dunia. Bahkan para sahabat sudah bersiap-siap menyambut Ramadhan kala itu 6 bulan sebelum tiba. Tidak hanya persiapan fisik semata namun juga persiapan bathin, karena kita akan menghadap Allah sang Pencipta kita semua. Kita bisa bayangkan untuk bertemu sang pujaan hati saja kita menyiapkan segala sesuatunya sesempurna mungkin, pake parfum paling mahal, baju paling keren, bila perlu pinjam mobil bapak kita. Ini mau ketemu dengan Allah. Tentu kita akan berusaha semaksimal mungkin bahkan seoptimal mungkin menyiapkan diri kita. Untuk menyambut Nya.
Hikmah bulan ramadhan antara lain :
1. Pintu surga dibuka lebar-lebar dan pintu neraka ditutup rapat-rapat.
2. Bulan yang penuh limpahan rahmat
3. Bulan yang penuh ampunan
4. Bulan di mana setiap doa kita akan dikabulkan oleh Allah SWT
5. Bulan di mana setiap ibadah sunnah kita mendapatkan pahala fardhu dan ibadah fardhu kita akan dilipatgandakan pahalanya sampai 700 kali lipat.
6. Bulan tidak saja menahan rasa haus dan lapar, tapi juga melatih kita untuk sabar
7. Bulan dibelenggunya syaitan-syaitan agar tidak mengganggu kita dan malaikat-malaikat menyambut kita
8. Bulan untuk menciptakan keshalehan sosial kita agar kita berbuat adil, ihsan dan silahturahmi, sehingga kita tinggalkan fahsya', mungkar dan zalim.
9. Bulan diturunkannya kitab suci Al Quran sebagai pegangan dan pedoman hidup kita.
10. Bulan penuh berkah,
11. Ramadhan yang artinya membakar, berarti kita membakar segala dosa dan kemaksiatan,
12. Bulan yang melatih kita untuk disiplin dan patuh
13. Bulan yang dapat menghindarkan diri kita dari hawa nafsu
14. Bulan yang setiap napas menjadi tasbih, setiap tidur menjadi ibadah, setiap amal diterima dan doa dikabulkan,
15. Bulan yang menguji kepekaan sosial kita untuk bersedekah kepada kaum fakir miskin, dan menyantuni anak yatim
16. Bulan penuh kemuliaan dengan memuliakan kedua orang tua kita dan menyambung tali silahturahmi.


Dengan memanfaatkan bulan Ramadhan ini, insya Allah kita akan menjadi insan yang Takwa. Takwa adalah tujuan akhir kita dalam berpuasa di bulan Ramadhan. Dan ada dua kebahagiaan kita dalam berpuasa yakni pada saat kita akan berbuka dan pada saat kita akan bertemu Allah SWT.

Semoga kita semua mendapatkan thropy, medali dan hadiah Takwa serta masih diberi kesempatan untuk bertemu Ramadhan tahun depan. Karena kata Nabi apabila umatku tahu nikmatnya orang berpuasa di bulan Ramadhan, pastilah umatku ingin berpuasa tidak hanya satu bulan tapi bahkan selama 12 bulan lamanya.

No comments:

Post a Comment