Friday, April 8, 2011

kisruh pssi

menyikapi kisruh pssi aku cuma bisa bilang : belum tahu dia ? tapi bagi orang-orang yang sudah kenyang asam garam persepakbolaan pasti akan berpikir 1000 kali untuk jadi pimpinan pssi, kenapa ?
banyak tenaga, uang dan pikiran harus tercurahkan guna mengurus si kulit bundar dan memang apabila seseorang sudah tahu trick-nya maka ia tidak akan kesulitan dalam mengurus dunia bola ini. sedikit sekali tokoh - tokoh sepakbola yang berhasil dalam mengelola si kulit bundar, kalau dari luar ada Joao Havelange, sepp blatter (orang-orang yang teruji sebagai president FIFA), di indonesia saya belum melihat tokoh se-kaliber dua tokoh tersebut, barangkali yang mendekati adalah nirwan bakrie. bahkan sekaliber bardosono, kardono, ali sadikin, aswar anaz, syarnoebi said, dll pun tergelincir di tengah jalan, justru sang sekjen lah yang mampu bertahan yakni si nugraha besoes,
kenapa ngurus bola itu sulit ?


1. karena butuh modal (mau tidak mau harus ke luar dari kantong sendiri), kalau tidak ada sponsor atau bantuan. ingat berapa komda yang bisa mandiri tanpa bantuan APBD daerahnya ?
2. karena butuh pikiran extra, hanya seorang yang gila bola lah yang mampu menyediakan pikiran demi kemajuan bola, jangan diharap kalau jadi ketua pssi hanya untuk gengsi, gagah-gagahan atau apalah, atau malahan dijadikan pekerjaan sampingan. jangan salah jangan-jangan si aji massaid meninggal juga karena dia tidak bisa memisahkan urusan bola dengan pekerjaannya sebagai anggota dewan dan dia pun hanya piawai sebagai pemain bola (di kalangan selebriti) tapi belum tentu jago dalam mengelola management bola.
3. karena rata-rata pemain bola susah diatur ( ingat kejadian piala dunia di afrika baru-baru ini hampir sebagian manager team kewalahan mengatasi polah tingkah pemain terutama dalam sex,bahkan panitia malahan menyediakan wanita-wanita untuk menghibur para pemain dunia- kasus wanita paling banyak menghiasi skandal para pemain bola baik ronaldo, john terry, maradona, frans backenbauer, dll. belum lagi polah tingkah yang kurang terpuji tendangan kungfu legendaris MU eric cantona, si bengal ballotelli,karim benzema bersama gadis bau kencur yg dijadikan PSK, dll.


4. nyali tinggi, karena beban yg menumpuk sering timbul stress spt yg dialami oleh Fergusson, maourinho, dll
kembali ke pssi ternyata akhirnya FIFA menunjuk agum gumelar sebagai ketua untuk menyelenggarakan kongress atau menyelesaikan kekisruhan di pssi ini.
tapi menurut aku jika dirunut sejarah pssi memang yang paling cocok jadi ketua ya cak nurdin halid ini. bayangin dia sudah teruji : dari penjara pun bisa mengemudikan management pssi, uang berlimpah, koneksi dan perkawanan banyak dan barangkali hasil kinerjanya yang fenomenal ya memerahputihkan istora senayan/ bung karno di piala AFF kemarin. Bayangin team pssi dari yang nggak dilihat sama sekali, karena selalu keok meskipun sudah ke uruguay, brazilia, italia toh juara sea games nggak pernah lagi. Anehnya dulu laos yang pernah kita gulung 7-0 lha kok sekarang kualitasnya jauh di atas kita, belum lagi vietnam, myanmar, dll. Bahkan presiden SBY pun menyempatkan hadir di tempat latihan pssi, melimpahnya penonton bahkan stadion sebesar istora pun nggak sanggup menampungnya... penonton di luaran dan yang menonton via tv masih jutaan jumlahnya. Amazing...
sekali lagi baik buruknya cak nurdin aku masih pengin pssi dia pegang.......

No comments:

Post a Comment