Friday, April 29, 2011

the royal wedding of this century .............

Perkawinan abad ini dan saya pernah menjadi saksi bisu akan kedahsyatan warga London terhadap kiprah istana. Memang sungguh-sungguh mentabjubkan bagaimana di zaman era abad 21 ini masih saja pamor istana buckingham tetap bersinar dan agung. Bayangin acara dimulai jam 12 siang tetapi sejak jam 7 pagi jalanan sudah menyemut orang untuk segera menuju istana. Sepertinya tidak menjadi perdebatan seperti di indonesia ini, dikit-dikit didebat... memang nampaknya pepatah "kalau bisa dipermudah kenapa dipersulit" masih jauh panggang dari api. Buat kita ternyata justru "kalau bisa dipersulit kenapa dipermudah".
bayangin 1,5 juta orang tumplek blek di depan istana Buckingham, hanya untuk melihat idola baru mereka setelah hampir 15 tahun hilang ( sejak sang Lady Di - Pricess of Wales yang mendiami istanan Kengsinton ). Kini muncul kembali si Dutchess of Cambridge, dia lah Kate Middleton... yang mampu meruntuhkan hati sang Prince of William atau Duke of Cambridge.
Ya.. di Juni 2008 lalu saya sempat juga menjadi saksi mata Pesta perayaan ulang tahun sang ratu Elizabeth II yang waktu itu berusia 81 tahun. Bagaimana beliau diarak keliling dengan menggunakan kereta kencana dan diiringi oleh puluhan pasukan berkuda dengan warna merah-merah dan kuda-kuda hitam.
Disambut juga dengan atraksi bomber pesawat dan pesawat tempur melintas di atas istana.
Warga london memang cinta sejarah... bahkan Mantan Atase Pertahanan kita di London ( mas Agung ) yang sempat saya singgahi di Wisma Samodra-London menyatakan siapa yang mengerti dan mengenal sejarah dia akan menguasai dunia, maka jangan heran banyaknnya museum yang tersebar di London.
Pesona acara Istana memang tak akan pernah lapuk dirundung zaman, seperti terlihat pada patung di halaman Kengsinton, yang menggambarkan bagaimana sang patung di kelilingi oleh 5 benua (menggambarkan persemakmuran yang senantiasa dilindungi oleh sang ratu - GOD SAVE THE QUEEN).
Apalagi acara perkawinan cikal bakal penerus tahta istana, Prince William akan menggantikan sebagai Pewaris Tahta Inggris pada urutan 2 setelah sang ayah Prince Charles.
Antusiasisme warga, wisatawan tumplek bleg di seputaran Buckingham, belum lagi miliaran orang menyaksikan via televisi yang berlomba-lomba menyiarkan secara langsung. Bahkan katanya untuk menjamin cuaca yang sering berubah-ubah seperti bulan-bulan ini panitia harus mendatangkan "rain stopper"... pawang hujan. Undangan yang digeber pun hanya kalangan terbatas bahkan yang pro istana. Mantan PM Inggris dari partai buruh tidak diundang karena katanya selama pemerintahannya kurang mendukung program istana ( Tony Blair, Gordon B ) dan Presiden sekelas Obama pun tidak ada keharusan untuk diundang, lain dengan David Beckham atau Elton John.
Wow.. amazing... Monokrasi dalam alam demokrasi, sungguh indah, bisa anda saksikan berkali-kali dalam channel TV yang berbeda-beda.... menyaksikan The Royal Wedding William-Kate. 29 April 2011 - via BBC, atau TV swasta dan TVRI.

No comments:

Post a Comment