Friday, February 18, 2011

Menemukan sang pembaca buku (sang pencerah,kah?)

MENEMUKAN PEMBACA BUKU

Bertepatan ulang tahun kita, BOB CPP bapak GM Riyanto Soewarno kembali menekankan pentingnya sang ahli baca buku. Memang keahlian seseorang akan muncul dengan sendirinya kalau kita rajin membaca buku, tidak sekedar membuka-buka, tetapi dibaca. Apalagi bila langsung diserap, dipelajari dan diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Wah pasti dahsyat hasilnya. Membaca buku akan berdampak positip namun juga negatif karena apabila kita salah dalam membaca buku ya hasilnya tentu tidak sesuai harapan. Contoh banyak buku yang ada saat ini isinya menyesatkan atau mengubah orang menjadi tidak benar. Ini tentu akan meracuni kita. Tapi kalau buku yang kita baca adalah buku yang benar pasti akan mengubah diri kita ke arah kebaikan.
Untuk itulah pesan Bapak kita tentang si ahli baca buku sangatlah mendalam. Dan ternyata di kita para ahli kitab ini sudah sangat berkurang.
Membaca buku untuk dapat memahami isinya tentulah akan kita baca dari bab pendahuluan, kemudian isi yang akhirnya dapat kita simpulkan.
Ahli kitab diperlukan guna memahami seperti apa perusahaan ini dan mau dibawa ke mana ?
Tenaga-tenaga berpengalaman diminta karena mereka sudah dianggap ahli kitab artinya apabila mereka masuk ke dalam lingkungan kita mereka tidak perlu terlalu lama membaca bab pendahuluan karena mereka sudah paham akan alur cerita.
Berbeda dengan pemula mereka akan terbata-bata hanya memahami bab pendahuluan saja dan untuk bab-bab selanjutnya tentu saja diperlukan waktu yang lama.
Perusahaan ini sedang bekejaran dengan waktu dan waktu tidak bisa kita atur. Semakin kita berlarut-larut dalam satu polemik maka akan habislah waktu kita. Dan waktu akan melibas kita untuk jatuh ke jurang yang l;ebih dalam dan lebih dalam.
Semangat pak GM tentu saja tidak boleh disalahartikan, seolah – olah kita yang ada saat ini tidak berguna. Untuk mengetahui diri kita masing – masing marilah kita saling introspeksi diri, apakah selama ini kita tidak bisa menjadi ahli kitab ? atau selama ini kita hanya membuka-buka buku tanpa mengerti maknanya ?
Yang jelas secara kasat mata kita butuh darah segar. Darah yang mampu mengaliri seluruh urat nadi kita, BOB CPP agar terus hidup dan berkembang.

No comments:

Post a Comment